Resep Peyek Kacang Empuk dan Renyah

Peyek kacang ini adalah salah satu camilan tradisional yang sangat legendaris dan bisa bunda temukan dengan mudahnya di berbeagai wilayah indonesia, terutama di daerah pedesaan. Bahan baku yang di butuhkan cukup murah dan sensasi rasa dan kriuknya ini bisa membuat ketagihan.

Tetapi untuk mendapatkan peyek kacang yang enak dan renyah, tidak semudah yang aku kira. Memang banyak sekali di luaran sana yang menjual peyek kacang, seperti di pinggir-pinggir jalan tapi peyek yang di jual itu teksturnya keras dan kadang alot. Mungkin dikarenakan harganya murah jadi dia bikinnya asal-asalan kali bunda ya, hehe....


Kalo bunda mau peyek yang enak dan renyah, aku sarankan bunda bikin sendiri. karena cara membuat peyek kacang ini cukup mudah. hanya saja meskipun bahan yang di gunakan murah tapi bunda harus menyediakan bahan-bahan yang lumayan banyak, dan berikut bahan yang di butuhkan untuk membuat peyek kacang.

Peyek Kacang

Bahan-bahan:

  1. Tepung beras sebanyak 400 gram
  2. Tepung tapioka(kanji) sebanyak 300 gram
  3. Kemiri sebanyak 8 butir
  4. Bawang putih sebanyak 7 butir
  5. Daun jeruk iris tipis sebanyak 6 lembar
  6. Kunyit sebanyak 2 cm
  7. Telur sebanyak 2 butir
  8. Masako sebanyak 2 bungkus
  9. Jahe sebanyak 2 cm
  10. Ketumbar sebanyak 2 sendok teh
  11. Garam sebanyak 1 sendok teh
  12. Santan kara sebanyak 1 bungkus
  13. Kacang tanah sebanyak 1/4 kg dan potong menjdi 2
Cara membuat peyek kacang
  • Dalam wadah, masukkan 300 gram tepung tapioka dengan 400 gram tepung beras, 1 bungkus santan kara, 1 sendok teh garam, 2 butir telor dan 2 bungkus bumbu masako, lalu aduk sampai rata.
  • Haluskan semua bahan-bahan bumbu seperti 8 butir kemiri, 2 cm kunyit, 7 butir bawang putih dan 2 sendok teh ketumbar, lalau masukkan ke adonan tepung tadi dan aduk rata.
  • Terakhir masukkan 6 lembar irisan daun jeruk dan aduk rata.
  • Jangan lupa bunda ya untuk mengatur kekentalan dari adonan ini agar tidak terlalu kental, dan tambahkan air sedikit jika perlu.
  • Panaskan minyak agak banyak di atas wajan dan goreng peyek dengan cara ditempelkan tepat di penggiran wajan menggunakan sendok sayur, seperti yang terlihat pada gambar di atas.
  • Jika peyek kacang sudah matang, segera angkat dan tiriskan.
Selesai! Mudah bukan? Setelah peyek kacang tiris dan dingin bisa bunda langsung dimasukkan ke dalam toples dan ditutup dengan rapat-rapat, supaya kerenyahanya terjaga.

Selamat mencoba bunda yaaa..!
Jangan lupa Share bund ya resep peyek ini ke teman bunda yang lainnya melalui sosial media yang bunda gunakan.

SUmber :inirecipes
Baca Juga :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Roti Maryam atau Roti Konde yang Lembut. Lengkap dengan Foto Tutorial

Kue garpu renyah di luar empuukk di dalam๐Ÿ‘๐Ÿ‘

Ongol-ongol Sagu Gula Merah yang Bikin Ngiler